KPU Gianyar Laksanakan Kunjungan ke KPU Tabanan

  • 12 Februari 2020
  • 16:10 WITA
berita_201202040207_KPUGianyarLaksanakanKunjungankeKPUTabanan.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Sesuai dengan Surat Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gianyar, Nomor : 75/PK.02.2-SD/5104/KPU-Kab/II/2020, Perihal Kunjungan Penguatan Kelembagaan, Tanggal 6 Februari 2020 maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar bersama dengan Badan Kesbang Pol Kabupaten Gianyar pada Rabu,(12/2/2020) melakukan kegiatan Studi Komparasi/Studi Tiru ke KPU Tabanan.

Adapun Tujuan dari KPU Gianyar ke KPU Tabanan adalah untuk Penguatan Kelembagaan  dan peningkatan kompetensi SDM dalam penyelenggaraan Tahapan Pemilihan dan Pemilu,dengan jalan melakukan Studi Komparasi/Studi Tiru terkait dengan Penyusunan, Pengusulan dan Tata Kelola Dana Hibah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020.

Kedatangan Rombongan KPU Gianyar disambut hangat dan penuh kekeluargaan oleh Jajaran KPU Tabanan diantaranya oleh Sekretaris KPU Tabanan, I Nyoman Swandika yang didampingi oleh Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Keuangan,Umum dan Logistik Ni Wayan Purnamawati, Kasubbag Hukum I Made Suartika, dan Kasubbag Teknis I Made Rika Hendrawan serta Pegawai Sekretariat.  Karena pada saat yang bersamaan Seluruh Komisioner KPU Tabanan sedang melaksanakan Sosialisasi Perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka pelaksanaan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Tahun 2020.

Acara dilanjutkan ke Ruangan Rapat, dan dibuka oleh Sekretaris KPU Tabanan dan Pembicaraan berlangsung hangat. “Kehadiran KPU Gianyar beserta Rombongan merupakan hal yang luar biasa karena dapat memberikan support dan semangat” ujarnya. Ditambahkannya pula bahwa pada saat Perekrutan Badan Ad Hoc (Panitia Pemilihan Kecamatan) beberapa waktu yang lalu telah mendapatkan tanggapan yang baik dari masyarakat yang ada

di Kabupaten Tabanan.

“Tujuan Kami  datang ke KPU Tabanan untuk mengetahui Tata Kelola Hibah, dan Salut dengan Gedung Kantor yang dimiliki oleh KPU Tabanan” ungkap Komisioner KPU Gianyar, Ni Luh Putu Reika Chrisyanti. Beliau juga menambahkan bahwa Kebersihan Kantor di KPU Gianyar saat ini keadaannya semakin baik. Pertanyaan yang disampaikan terkait Tata Kelola Hibah diberikan penjelasan oleh I Nyoman Swandika bahwa Terkait Proses Tata Kelola Hibah prosesnya hampir sama dengan yang pernah dilaksanakan oleh KPU Gianyar, dan Sekretaris KPU Tabanan ini juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan sehingga Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dapat berjalan dengan lancar.

Sekretaris KPU Gianyar, I Nyoman Antara menyampaikan terkait NPHD yang pernah dilakukannya di KPU Gianyar terdapat beberapa perbedaan dengan proses NPHD dalam Pilkada Serentak Tahun 2020. Dari Badan Kesbang Pol Kabupaten Gianyar mengharapkan terkait tahapan yang telah dan akan dilakukan Penyelenggara agar dapat melaksankan Kegiatan dengan baik.

Komisioner KPU Gianyar I Komang Endra Gunawan “Bagaimana Cara Penyisiran anggaran dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Tahun 2020 dilaksanakan?” tanyanya. Pertanyaan ini diberikan penjelasan oleh Sekretaris KPU Tabanan dan juga oleh Kasubbag Keuangan Umum dan Logistik bahwa ada beberapa kegiatan yang dipotong, tetapi tidak mengurangi  kualitasnya. Ditambahkannya pula  KPU Tabanan selalu melakukan komunikasi, koordinasi dan juga dalam pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) KPU Tabanan melibatkan Instansi lainnya.

Di akhir acara Sekretaris KPU Tabanan menutup Acara Kunjungan dari KPU Gianyar tersebut. Beberapa saat kemudian Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa beserta Komisioner dan Staf Sekretariat datang dari Sosialisasi Perekrutan PPS. Akhirnya  Rombongan KPU Gianyar pun dapat bertemu dengan hampir seluruh Jajaran KPU Tabanan, dan terjadilah pembicaraan yang hangat diantara mereka. (MDS)

Komentar