Supervisi Anggota & Sekretaris KPU Bali ke KPU Tabanan

  • 15 Februari 2020
  • 14:55 WITA
berita_201502030237_SupervisiAnggotaSekretarisKPUBalikeKPUTabanan.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 dan menyampaikan hasil yang didapat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali pada Rapat Pimpinan di Tingkat Nasional maka pada Sabtu (15/2/2020) melakukan monitoring ke KPU Tabanan. Kurang lebih Pukul 09.00 Wita Rombongan KPU Bali  telah tiba di KPU Tabanan. Yang ikut dalam Rombongan tersebut adalah Anggota KPU Bali Luh Putu Sri Widyastini, Sekretaris KPU Bali I Made Oka Purnama, dan didampingi oleh Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Program dan Data, I Putu Eka Suambara. Rombongan disambut hangat oleh Jajaran KPU Tabanan.

 

Setelah Ketua KPU Tabanan, Komisioner dan Sekretaris berbincang-bincang dengan santai Acara dilanjutkan di Ruangan Rapat KPU Tabanan. Acara dibuka oleh I Gede Putu Weda Subawa selaku Ketua KPU Tabanan untuk memberikan kata sambutan. Dilanjutkan oleh Ibu Luh Putu Sri Widyastini. Dalam kesempatan ini beliau mengatakan, “Bekerjalah berdasarkan Peraturan yang ada dan bekerja bersama-sama untuk mencapai hasil yang baik,” terangnya. Khusus kepada Komisioner KPU Tabanan supaya bekerja berdasarkan hasil Rapat Pleno dan Notulen dalam suatu rapat merupakan hal yang penting, imbuhnya.

 

 

Anggota KPU Bali ini juga menjelaskan agar setiap kegiatan sebelumnya mempersiapkan mekanisme dan Standar Operasional Prosedur (SOP), Integritas juga jangan hanya diucapkan untuk mencapai hasil yang maksimal dan Bekerjalah sepenuh waktu. “Soliditas Komisioner KPU Tabanan agar ditingkatkan dan berikanlah contoh yang baik untuk meningkatkan kepercayaan,” terangnya. Beliau juga menyampaikan agar KPU Tabanan dipersilahkan untuk melakukan Konsultasi kalau memang ada yang perlu untuk dikonsultasikan ke KPU Provinsi Bali maupun ke KPU RI. Ibu Putu juga menyampaikan pesan dari Pak Hasyim yang merupakan Komisioner di KPU RI, yaitu Pahami terlebih dahulu Ketentuan yang ada seperti PKPU agar mengerti apa yang dilakukan.

Dilanjutkan oleh Bapak Oka Purnama, dimana beliau menanyakan tentang Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Tahun 2020. Ketua KPU Tabanan, Sekretaris, Kasubbag, dan Bendahara kemudian memeberikan penjelasan terkait hal tersebut. Sekretaris KPU Bali juga memberikan penjelasan terkait hal-hal yang berhubungan dengan Keuangan dan Pengadaan. “Jangan hanya menjalankan kewajiban saja tetapi dapat meningkatkan Kinerja untuk mendapatkan penghargaan dari KPPN Denpasar,”ujarnya terkait Keuangan. Bekerjalah dengan cerdas  dengan perencanaan yang matang, tambahnya.

Terkait dengan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) beliau mengatakan, “Rencana Umum Pengadaan agar disusun dengan baik dan untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) agar bekerja dengan maksimal untuk mencapai hasil yang baik” ungkapnya. Rapat berlangsung dengan suasana penuh kekeluargaan, dan kadangkala diselingi dengan gurauan yang tentu saja membuat semua yang hadir tertawa.

Sekretaris KPU Bali juga mengatakan, “Soliditas Jajaran KPU Tabanan ditingkatkan karena di Tingkat Nasional Apel Pagi yang telah dilaksanakan oleh KPU Tabanan mendapatkan Apresiasi dan Kedisiplinan di KPU Tabanan luar biasa” ujarnya. “Dan Selalu menjaga Komunikasi dan Koordinasi” tambahnya. Tidak lupa beliau juga menyinggung masalah Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

 

“Apa yang Kita pikirkan, Ucapkan, dan dilaksanakan agar sama itulah namanya kejujuran, dan tingkatkan integritas,” ujar Bapak Made Oka Purnama. Beliau juga menambahkan Jangan menunda pekerjaan karena akan menghambat Kinerja, turunkan ego masing-masing. Khusus Sekretariat pahami dulu Tugas, Fungsi, Wewenang, supaya Tugas dapat berjalan dengan baik, serta bekerja secara transparan dan bertanggungjawab. “Perlakukan Tamu yang datang ke Kantor KPU Kabupaten Tabanan dengan sama dan layani tamu yang datang dengan baik,” tegasnya.

 

Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa dan Sekretaris KPU Tabanan I Nyoman Swandika pada kesempatan yang baik ini juga menyampaikan bahwa selain NPHD, KPU Tabanan juga punya Kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Tahun 2020. Komisioner KPU Tabanan seperti Luh Made Sunadi, I Ketut Sugina, dan Komisioner lainnya juga turut andil menyampaikan pertanyaan dan pendapatnya dalam acara tersebut. (MDS)

Komentar