KPU Tabanan Turut Hadir dalam Rapat Koordinasi di KPU Bali

  • 14 Mei 2020
  • 20:15 WITA
berita_201405090549_KPUTabananTurutHadirdalamRapatKoordinasidiKPUBali.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik Memenuhi Undangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali, yang ditujukan kepada Ketua KPU Kabupaten/Kota Penyelenggara Pemilihan Serentak 2020, sesuai Surat Ketua KPU Provinsi Bali, Nomor : 558/PL.02-Und/51/Prov/V/2020, Perihal : Rapat Koordinasi Persiapan Tahapan Pemilihan Serentak 2020, Tanggal 11 Mei 2020.

 

Maka pada Kamis (14/5/2020) Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa, didampingi Sekretaris KPU Tabanan, I Nyoman Swandika, menghadiri Rapat Koordinasi dimaksud yang bertempat di Ruang Rapat Kantor KPU  Provinsi Bali dengan membawa Surat Perintah Tugas mengikuti Rapat untuk kelancaran diperjalanan.

 

Kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi Pandemi Covid-19 (Virus Corona) ini, tetap memperhatikan petunjuk-petunjuk penanggulangan covid-19 seperti physical distancing atau menjaga jarak fisik dan dengan menggunakan masker.

 

Ada beberapa point penting hasil Rapat Koordinasi Persiapan Tahapan Pemilihan Serentak 2020 yang disampaikan I Gede Putu Weda Subawa melalui pesan WhatsApp pada Group Keluarga KPU Tabanan, diantaranya :

1.    Pada dasarnya semua KPU Kabupaten/Kota Penyelenggara Pilkada sudah menganggarkan APD  walau belum ada Juknis, sehingga masing-masing Kabupaten/Kota belum sama terhadap pengadaan jenis APD tersebut. Untuk itu KPU Bali akan menyampaikan ke Pusat bahwa Bali siap melaksanakan Pilkada kalau Pandemi masih di beberapa tempat. Sambil menunggu PKPU tentang Tahapan Pilkada pasca Perpu Nomor 2 Tahun 2020;

2.    KPU Kabupaten/Kota wajib membuat vidio pendek mulai dari wajah Kantor KPU lalu cuci tangan di washtafel sampai masuk ke Kantor, durasinya 10 - 20 detik. Nanti vidio tersebut akan di kompilasi oleh KPU Bali;

3.    KPU RI sedang merancang Tahapan kalau Pilkada jadi dilaksanakan di bulan Desember Tahun 2020 yaitu :

- Bulan Mei dan Juni : info tentang Tahapan

- Bulan Juli : Sosialisasi Tahapan dengan mengundang Karang Taruna/STT untuk ke RPP KPU karena masih suasana liburan, Bimtek Tahapan PPK dan PPS, Sosialisasi mobil keliling, (Kalau Pandemi sudah berakhir)

- Bulan Agustus Sosialisasi Pencalonan dan tatap muka

- Bulan September, Oktober dan November : Sosialisasi ke Sekolah-sekolah, Pasar dan Banjar-banjar;

4. Mengaktifkan Media Sosial agar lebih intensif, untuk saat ini baru Facebook dan Instagram saja yg aktif, dicoba utk merancang TikTok tentang informasi kepemiluan;

5. Di Web KPU Kabupaten/Kota ditampilkan seluruh informasi Kegiatan, informasi Regulasi terbaru dan informasi Anggaran;

6. Di Masing-masing KPU Kabupaten/Kota harus ada SDM yang paham IT untuk bisa mengedit vidio-vidio pendek untuk Sosialisasi lewat Media Sosial seperti KPU Gianyar;

7. WFH diperpanjang sampai 29 Mei 2020; dan

8. Dihimbau kepada seluruh Komisioner, Sekretaris dan Staf yang PNS (intinya yang mendapatkan THR) agar menyisihkan THRnya untuk dibelikan paket Sembako untuk nanti bisa disumbangkan atas nama Lembaga KPU ditengah Pandemi Covid-19 (Virus Corona) utk Warga Kita yang memerlukan.

Komentar