Sosialisasikan Pilkada Tabanan, kepada Perbekel dan Warga Binaan Lapas Tabanan

  • 13 November 2020
  • 23:40 WITA
berita_201511011156_SosialisasikanPilkadaTabanan,kepadaPerbekeldanWargaBinaanLapasTabanan.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Sesuai Surat Undangan Ketua KPU Kabupaten Tabanan, Nomor 1451/PP.06.2-Und/KPU-kab/XI/2020, tanggal 2 November 2020 dan sebagai upaya KPU Tabanan meningkatkan partisipasi Masyarakat pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan dalam Pemilihan Serentak Lanjutan yang akan digelar pada hari Rabu tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Berkenaan dengan itu, KPU Tabanan melaksanakan Sosialisasi kepada seluruh Perbekel yang ada di Kecamatan Marga. Komisioner KPU Tabanan, I Wayan Sutama berkesempatan mensosialisasikan Pemilihan Serentak Lanjutan 2020 tersebut yang didampingi Staf Sekretariat KPU Tabanan, Pukul 09.00 Wita, bertempat di Kantor Camat Marga, Jumat (13/11/2020).

Selain Sosialisasi yang berlangsung di Kecamatan Marga, KPU Tabanan yang diwakili oleh Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tabanan, melaksanakan Sosialisasi kepada Warga Binaan atau Narapidana yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Tabanan, beralamat di Jalan Gunung Agung, No. 21, Dajan Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan.

Terlihat PPS Desa Dajan Peken hadir dalam kegiatan tersebut. Sosialisasi di Lapas Tabanan dilaksanakan secara Daring dengan tujuan untuk menghindari kerumunan. PPK Tabanan didampingi Pihak Lapas menyampaikan Sosialisasi dari Ruangan di Lantai atas sedangkan Warga Binaan Pemasyarakatan mengikuti Sosialisasi dari Ruangan bawah.

“Tujuan Kami adalah mewakili KPU  Tabanan untuk mensosialisasikan Pilkada Tabanan yang akan digelar  9 Desember 2020,”ucap Ketua PPK Tabanan, I Wayan Suwitra,SH.

Dalam kesempatan itu, I Wayan Suwitra menyampaikan terkait pelaksanaan Debat antar Paslon dan kegiatan yang dilarang saat masa Kampanye dalam pandemi Covid-19, antara lain kegiatan kebudayaan seperti pentas seni, Rapat Umum, kegiatan olah raga misalnya jalan santai, kegiatan sosial seperti donor darah, Layang-Layang dan peringatan hari Ulang Tahun. Jikalau kegiatan tersebut tetap dilaksanakan semisal Rapat Tatap Muka, maksimal Pesertanya 50 Orang.

Dijelaskan juga bahwa dalam pelaksanaan Pilkada Tabanan nanti akan diterapkan 12 hal baru di TPS, antara lain Jumlah Pemilih di TPS maksimal 500 Orang, pengaturan kedatangan Pemilih ke TPS, Petugas KPPS sehat dan sudah mengikuti Rapid Test, penyemprotan disinfektan di TPS serta pengaturan jarak. Pemilih dan Petugas wajib memakai masker, memakai pelindung wajah, memberikan sarung tangan plastik untuk Pemilih, tidak bersalaman, pengecekan suhu tubuh, wajib mencuci tangan dan sebagai tanda telah memilih tidak memakai tinta celup tetapi tinta tetes.

Dalam kesempatan itu PPK Tabanan mengharapkan supaya Warga Binaan Lapas Tabanan dapat mempergunakan hak suaranya dengan baik serta jangan golput, untuk menuju Tabanan yang lebih baik. Selanjutnya materi Sosialisasi diberikan oleh Anggota PPK Tabanan Divisi Sosialisasi.

Sebagai informasi, Sosialisasi Pilkada Tabanan 2020 kepada Perbekel Se-Kecamatan Marga merupakan Sosialisasi terakhir kepada Perbekel di Kabupaten Tabanan, karena dari beberapa waktu lalu KPU Tabanan telah berkeliling menyampaikan informasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan pada setiap Kecamatan yang ada di KPU Tabanan serta tempat lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19 atau Virus Corona, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan seperti physical distancing atau menjaga jarak fisik, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun, menggunakan hand zanitizer atau cairan pembersih tangan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Komentar