KPU Tabanan Bimtek Tungsura kepada PPS

  • 16 November 2020
  • 22:10 WITA
berita_201611111150_KPUTabananBimtekTungsurakepadaPPS.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Dalam rangka persiapan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan dalam Pemilihan Serentak Lanjutan 2020 dan sesuai Surat Plh. Ketua KPU Kabupaten Tabanan, Nomor 1821/PL.02.6-SD/5102/KPU-Kab/XI/2020, tanggal 14 November 2020, tanggal 14 November 2020.

Berkenaan dengan itu, Komisioner KPU Tabanan Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, I Ketut Sugina, sebagai Narasumber yang didampingi Staf Sekretariat KPU Tabanan, memberikan  Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan kepada Ketua dan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kecamatan Selemadeg Timur, pada Pukul 13.00 Wita, bertempat di SMP Negeri 1 Selemadeg Timur, beralamat di Jalan Kahyangan Bunut Puhun,Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Senin (16/11/2020).

Hadir pula Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Selemadeg Timur sekaligus memfasilitasi kegiatan tersebut yang sebelumnya telah berkoordinasi dengan Camat di wilayah kerjanya.

Pada kesempatan itu, I Ketut Sugina menyampaikan 12 hal baru di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan diterapkan dalam Pemilihan Serentak yang akan digelar pada hari Rabu, tanggal 9 Desember tahun 2020 mendatang, diantaranya Jumlah Pemilih di TPS maksimal 500 Orang, pengaturan kedatangan Pemilih ke TPS, Petugas KPPS sehat dan sudah mengikuti Rapid Test, penyemprotan disinfektan di TPS serta pengaturan jarak. Pemilih dan Petugas wajib memakai masker, memakai pelindung wajah, memberikan sarung tangan plastik untuk Pemilih, tidak bersalaman, pengecekan suhu tubuh, wajib mencuci tangan dan sebagai tanda telah memilih tidak memakai tinta celup tetapi tinta tetes.

“Kalau ada Pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat celcius akan diarahkan memilih pada bilik suara khusus. Nantinya di masing-masing TPS terdapat 3 bilik suara yakni 1 bilik suara khusus dan 2 untuk bilik suara umum. Terkait jaringan internet dari 1.130 TPS, ada 87 jaringan lemah dan KPU Tabanan telah berkoordinasi dengan pihak terkait,” jelasnya.

Selain itu, I Ketut Sugina juga menjelaskan materi terkait Tungsura dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap)  disertai dengan menunjukan cara menggunakannya, mulai dari mendownload aplikasi pada HP android dan langkah-langkah selanjutnya. Beliau juga membawa contoh formulir yakni Model C-KWK serta menjelaskan cara pengisiannya. “Walaupun penggunaan aplikasi Sirekap belum final akan digunakan dalam penghitungan Suara dalam Pilkada Serentak 2020, tapi KPU Tabanan mempunyai kewajiban untuk menyampaikannya kepada Badan Ad Hoc dan apabila nantinya akan jadi digunakan Penyelenggara sudah siap,” ungkapnya.

“Melalui Bimtek ini, Kami harapkan supaya Jajaran Penyelenggara memahami proses Tungsura, sehingga meminimalisir adanya kesalahan dalam pelaksanaannya nanti,” tambahnya.

Acara Bimtek ini juga diisi dengan sesi Tanya jawab, dan menjelang berakhirnya acara Ketua PPK Selemadeg Timur, mengatakan, “Kami akan melaksanakan touring untuk mensosialisasikan Pilkada Tabanan melalui pengeras suara  dengan menggunakan mobil KPU Tabanan dan kepada teman-teman PPS tetap jaga stamina dan kesehatan.”

Sebagai informasi, Hari ini merupakan hari pertama Sosialisai Tungsura kepada PPS di Kabupaten Tabanan. Selanjutnya Bimtek yang sama akan dilaksanakan KPU Tabanan di masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Tabanan dan difasilitasi oleh PPK.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19 atau Virus Corona, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan seperti physical distancing atau menjaga jarak fisik, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun, menggunakan hand zanitizer atau cairan pembersih tangan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Komentar