Bimtek Tungsura di Kabupaten Tabanan, Sasar PPS

  • 19 November 2020
  • 22:00 WITA
berita_201911111145_BimtekTungsuradiKabupatenTabanan,SasarPPS.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Dalam rangka persiapan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan dalam Pemilihan Serentak Lanjutan 2020 yang akan digelar, Rabu, 9 Desember 2020.

Komisioner KPU Kabupaten Tabanan, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Luh Made Sunadi, didampingi Staf Sekretariat KPU Tabanan, melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tungsura kepada Ketua dan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kecamatan Selemadeg, bertempat di SMA Negeri 1 Selemadeg, beralamat di Jalan Gelogor, Bajera, Selemadeg, Tabanan, Pukul 10.00 Wita, Kamis  (19/11/2020).

Kegiatan tersebut difasilitasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Selemadeg yang sebelumnya telah berkoordinasi dengan Camat yang ada di wilayahnya. Hadir dalam kesempatan itu, Ketua, Anggota dan Sekretaris PPK Selemadeg serta terlihat juga Petugas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Selemadeg dan Petugas dari unsur Polri yakni Bhabinkamtibmas.

Sebagai Narasumber, Luh Made Sunadi menyampaikan mengenai penerapan Protokol Kesehatan pada masa pandemi Covid-19 di TPS nanti. Selain itu diperkenalkan dan dijelaskan tentang Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Diawali dengan menunjukan cara mendownload aplikasi pada Handphone (HP) android dan langkah-langkah penggunaan selanjutnya.

Luh Made Sunadi juga membawa contoh Model C Hasil-KWK serta menjelaskan cara pengisiannya. “Walaupun penggunaan aplikasi Sirekap belum final akan digunakan dalam penghitungan Suara dalam Pilkada Serentak 2020, tapi KPU Tabanan mempunyai kewajiban untuk menyampaikannya kepada Penyelenggara dalam hal ini Badan Ad Hoc seperti PPS dan KPPS dan apabila nantinya akan jadi digunakan, Penyelenggara sudah siap,” ungkapnya.

“Terkait jaringan internet yang lemah di TPS, KPU Tabanan telah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Telkomsel, Diskominfo Tabanan dan pihak terkait lainnya, sehingga saat Pemungutan Suara yang akan berlangsung tanggal 9 Desember 2020 nanti menjadi baik,” ucapnya.

“Adapun perlengkapan dalam penggunaan Sirekap yakni ponsel pintar minimal 2 buah, aplikasi Sirekap, Jaringan internet dan paket data internet. Perlengkapan penggunaan Sirekap harus tersedia paling lambat H-1 sebelum hari pemungutan suara, dan KPU Kabupaten memastikan titik koordinat setiap TPS dengan katagori kuat, sedang dan lemah sebagai acuan untuk menentukan lokasi pengiriman data hasil penghitungan suara. penggunaan Sirekap wajib diperkenalkan kepada Badan Ad Hoc, seperti PPK, PPS dan KPPS sebagai Uji Coba Nasional dan data pembanding. Sirekap merupakan aplikasi untuk proses rekapitulasi berbasis elektronik yang rencananya akan diterapkan di semua TPS,” beber Sunadi.

Disampaikan pula bahwa pada Pukul 07.00 Wita, Petugas KPPS harus memastikan bahwa Saksi dan Pengawas sudah ada di TPS serta larangan kepada Pemilih untuk mengambil gambar baik dalam bentuk foto maupun video di Bilik Suara. “ KPPS supaya menyerahkan Surat Suara kepada Pemilih dalam keadaan terbuka, selanjutnya Pemilih menuju Bilik Suara untuk melakukan Pencoblosan. KPPS mempunyai kewajiban mendahulukan pennyandang disabilitas dan Orang lanjut usia untuk melakukan pencoblosan.

Pemilih yang boleh didampingi adalah penyandangn disabilitas yang tidak bisa membaca huruf braille, bisa didampingi pihak keluarga atau Petugas KPPS dan KPPS tidak dibenarkan menutup Pemungutan Suara sebelum Pukul 13.00 Wita,” jelasnya. Disampaikan pula bahwa Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mempunyai tugas untuk mencetak Model C Hasil-KWK serta menempelkannya pada tempat yang mudah dilihat Masyarakat.

“Selain itu, teman-teman PPS berkewajiban melaksanakan Bimtek Tungsura kepada KPPS yang didampingi PPK,” imbuhnya. Mudah-mudahan Kita semua selalu dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat,” pungkasnya. Acara diisi juga dengan sesi Tanya jawab.

Perlu diketahui, Bimtek Tungsura Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan kepada Ketua dan Anggota PPS hari ini berlangsung juga di Kecamatan Kerambitan dan Marga. Adapun Komisioner KPU Tabanan yang memberikan Bimtek di Kecamatan Kerambitan adalah Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, I Ketut Sugina, didampingi Staf Sekretariat KPU Tabanan, Pukul 10.00 Wita, bertempat di Kantor Camat Kerambitan.

Sedangkan sebagai Pemateri Bimtek di Kecamatan Marga disampaikan Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, I Wayan Sutama yang didampingi pula Staf Sekretariat KPU Tabanan, pada Pukul 10.00 Wita, bertempat di Ruang Rapat Kantor Camat Marga.

Kemarin, tepatnya pada hari Rabu, tanggal 18 November 2020, Komisioner KPU Tabanan, I Ketut Sugina bersama Staf Sekretariat KPU Tabanan melaksanakan Bimtek Tungsura kepada Ketua dan Anggota PPS Se- Kecamatan Tabanan, Pukul 15.00 Wita, bertempat di Warnong 19, Jalan Raya Yeh Gangga, Nomor 19, Gubug Baleran, Desa Gubug, Tabanan.

Selain itu, tanggal 18 November 2020 lalu, Komisioner KPU Tabanan Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, I Wayan Sutama yang didampingi juga Staf Sekretariat KPU Tabanan, melaksanakan Bimtek terkait Pemungutan dan Penghitungan Suara kepada PPS Se-Kecamatan Kediri, Pukul 10.00 Wita, bertempat di Aula Kantor Camat Kediri.

Sebagai informasi,  pada intinya dalam pelaksanaan Bimtek Tungsura kepada Ketua dan Anggota PPS di masing-masing Kecamatan, dihadiri pula oleh PPK beserta Jajarannya, Panwascam dan Jajarannya serta dari pihak keamanan seperti TNI dan Polri.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19 atau Virus Corona, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan seperti physical distancing atau menjaga jarak fisik, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun, menggunakan hand zanitizer atau cairan pembersih tangan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Komentar