Hari Terakhir, KPU Tabanan Bimtek Tungsura kepada PPS

  • 20 November 2020
  • 00:50 WITA
berita_202211021130_HariTerakhir,KPUTabananBimtekTungsurakepadaPPS.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Dalam rangka persiapan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan dalam Pemilihan Serentak Lanjutan 2020 yang akan diselenggarakan pada hari Rabu, 9 Desember 2020 dan sesuai Surat Plh. Ketua KPU Kabupaten Tabanan, Nomor 1821/PL.02.6-SD/5102/KPU-Kab/XI/2020, tanggal 14 November 2020.

Maka daripada itu, Jumat, ((20/11/2020), merupakan hari terakhir Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap Ketua dan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Tabanan. Komisioner KPU Tabanan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Luh Made Sunadi, berkesempatan sebagai Narasumber di Kecamatan Penebel, sedangkan Komisioner KPU Tabanan Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, I Ketut Sugina, menyampaikan materi Bimtek Tungsura kepada PPS Se-Kecamatan Baturiti. Acara Bimtek Tungsura yang dilaksanakan Komisioner KPU Tabanan di dua Kecamatan tersebut didampingi Pegawai Sekretariat KPU Tabanan, dimulai pada Pukul 10.00 Wita, bertempat di masing-masing Kecamatan. Acara dimaksud dihadiri pula oleh PPK, Panwascam dan pihak Keamanan baik dari TNI maupun Polri.

Secara garis besarnya materi yang disampaikan Komisioner KPU Tabanan kepada PPS adalah untuk memberikan Pemahaman mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Tungsura dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan pada Rabu, 9 Desember 2020 mendatang, serta memperkenalkan aplikasi Sirekap sebagai uji coba nasional yang berbasis elektronik dengan harapan PPS nantinya dapat menyampaikannya kepada KPPS di wilayahnya. Walaupun Sirekap belum pasti dipergunakan dalam Pemilihan Serentak Lanjutan 2020 tetapi wajib untuk disosialisasikan sehingga kedepannya apabila dipergunakan, Badan Ad Hoc tersebut sudah mengetahui langkah-langkah penggunaannya serta perlengkapannya, sebagaimana telah disampaikan dalam Bimtek sebelumnya.

Untuk diketahui, Kegiatan Bimtek Tungsura kepada PPS Se-Kabupaten Tabanan telah dilaksanakan oleh KPU Tabanan mulai tanggal 16 November 2020 yang lalu, bertempat di masing-masing Kecamatan dan difasilitasi oleh PPK, yang sebelumnya PPK telah berkoordinasi dengan Camat di wilayah kerjanya masing-masing.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19 atau Virus Corona, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan seperti physical distancing atau menjaga jarak fisik, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun, menggunakan hand zanitizer atau cairan pembersih tangan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Komentar