Anggota DPD RI, Arya Wedakarna Kunker ke KPU Tabanan

  • 20 Januari 2021
  • 15:30 WITA
berita_212001030111_AnggotaDPDRI,AryaWedakarnaKunkerkeKPUTabanan.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Sesuai Surat Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Utusan Provinsi Bali, Nomor 149/007-B.65/DPD-MPR RI/Bali/I/2021, tertanggal 18 Januari 2021.

Sehubungan dengan itu, Rabu (20/01/2021), Pukul 10.00 Wita, bertempat di Ruang Rapat Kantor KPU Kabupaten Tabanan, Anggota Komite I Bidang Politik, Hukum dan Keamanan DPD RI B.65 Utusan Provinsi Bali terkait Evaluasi Pilkada Serentak tahun 2020.

DPD RI yang hadir adalah Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa III, SE., (MTRU)., M.Si., didampingi Staf Ahli DPD RI serta Staf DPD RI Provinsi Bali. Rombongan diterima Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa beserta Anggota KPU Tabanan dan Sekretaris KPU Tabanan, I Nyoman Swandika. Hadir pula seluruh Jajaran Sekretariat KPU Tabanan. Terlihat pula Aparat Keamanan Polres Tabanan.

“Dari informasi yang  diterima, Kami tidak ada gugatan dan saat ini Kami masih menunggu Surat dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Penetapan Calon Terpilih. Di Kabupaten Tabanan yang meraih Suara terbanyak adalah Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Nomor Urut 1 (Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M. - I Made Edi Wirawan, S.E.) atau Paket Jaya-Wira,” ungkap Pak Weda disela-sela membuka acara.

Ditambahkannya, “Kami di KPU Tabanan menggunakan dana minim dalam pelaksanaan Pilkada Tabanan 2020. Debat juga Kami laksanakan sebanyak 2 kali, yakni Debat Pertama di Stasiun TVRI Bali sedangkan Debat Kedua Kami adakan di Kompas TV Dewata, karena minimnya dana. Ada 2 anggaran yang Kami pergunakan yaitu anggaran pusat dan daerah.”

Dilanjutkan oleh I Gusti Ngurah Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa III, “Kami didampingi staf ahli dari Pusat, Saya di Komite 1 Bidang Hukum. Saya monitoring dan mendapakan informasi bahwa Kinerja KPU Kabupaten Tabanan sangat baik dan cukup memenuhi standar nasional. Selain mencari informasi nantinya Kami akan minta data Golput dan apa sebabnya, apakah ada pelanggaran khususnya tentang Prokes? Jika ada Kami butuh datanya, apakah ada temuan terkait kluster penyebaran Covid-19 dalam Pilkada, serta apakah ada temuan pelanggaran Netralitas Pegawai,” ucapnya.

“Jumlah Surat Suara Tidak Sah sekitar 3 persen, Tingkat Partisipasi Pemilih sekitar 81 persen. Di Kabupaten Tabanan terdapat 10 Kecamatan dan 133 Desa. Tingkat Partisipasi Pemilih yang kurang dari 80 persen terdapat pada 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Pupuan 75,07 % persen Baturiti 72,27 % dan Kecamatan Penebel 79,78 %. Sedangkan 7 Kecamatan di atas 80 persen. Ada pula di salah satu TPS, Tingkat Partisipasi Pemilihnya mencapai angka 100 persen sedangkan terkait dengan  pelanggaran Protokol Kesehatan (Prokes) tidak ada.

Saat ini Kami juga sedang menggarap Riset dengan IKIP Saraswati Tabanan. Dalam pandemi virus corona atau Covid-19 ini, Kami lebih banyak menggunakan cara virtual dan tetap menerapkan Prokes. Terkait Netralitas di KPU Tabanan, baik itu ASN dan Pegawai lainnya telah berjalan cukup baik, begitu juga Netralitas Badan Ad-Hoc  dari tingkat KPPS, PPS dan PPK berjalan baik. Secara umum pelaksanaan Pemungutan Suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjalan dengan baik,” Jelas Weda. “Kami ucapkan terima kasih atas Kunjungan Kerja Bapak Senator ke KPU Tabanan,” tambahnya.

 

Pada kesempatan ini, I Nyoman Swandika juga menyampaikan bahwa secara umum pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan dalam Pemilihan Serentak Lanjutan tahun 2020 di Kabupaten Tabanan telah berjalan dengan baik, aman dan lancar. Dalam kunjungannya, Arya Wedakarna juga memberikan Cinderamata kepada KPU Kabupaten Tabanan.

Menjelang berakhirnya acara, Senator asal Bali, I Gusti Ngurah Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa III, menyampaikan Tingkat Partisipasi Masyarakat di Kabupaten Tabanan cukup bagus, walau hanya sekitar 81 persen. “Harapan saya selaku Anggota DPD RI Perwakilan Provinsi Bali, terkait honor untuk Badan Ad-Hoc nantinya supaya diberikan sesuai UMR. "Pertahankan Prestasi Tabanan,  Saya juga apresiasi atas pengembalian anggaran sekitar 2 milyar  oleh KPU Tabanan. Semuanya...,Tetap Semangat.....!  dan terima kasih,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19 atau Virus Corona, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan seperti physical distancing atau menjaga jarak fisik, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun, menggunakan hand zanitizer atau cairan pembersih tangan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

 

 

Komentar