Rapat Pleno Rutin KPU Tabanan, Bahas Penetapan Calon Terpilih

  • 21 Januari 2021
  • 15:00 WITA
berita_212101030108_RapatPlenoRutinKPUTabanan,BahasPenetapanCalonTerpilih.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Setelah KPU Kabupaten Tabanan menerima Surat Plt. Ketua KPU RI, Nomor 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021, tanggal 20 Januari 2021, mengenai Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Serentak tahun 2020.

Sehubungan dengan itu, Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa beserta seluruh Anggota KPU Tabanan melaksanakan Rapat Intern, yakni Rapat Pleno Rutin dengan agenda membahas Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan dalam Pemilihan Serentak Lanjutan tahun 2020. Hadir pula Sekretaris KPU Tabanan, I Nyoman Swandika dan Kasubbag pada Sekretariat KPU Tabanan, Pukul 09.00 Wita, bertempat di Ruang Rapat Kantor KPU Tabanan, Kamis (21/01/2021).

Selain membahas Penetapan Pasangan Calon Terpilih, dalam kesempatan ini Ketua KPU Tabanan juga mensosialisasikan Peraturan KPU Nomor 21 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2019 tentang Tata Kerja KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota. Acara dibuka I Gede Putu Weda Subawa, “Hari ini agenda rapat Kita adalah membahas terkait Penetapan Calon Terpilih termasuk Tempat dan tanggal pelaksanaannya serta Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 21 Tahun 2020. Rapat dalam jaringan kemarin dengan KPU Provinsi Bali yakni mengenai Jadwal,Hari,Tanggal dan Jam Penetapan Calon Terpilih. Dihimbau supaya pelaksanaannya diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 23 Januari Tahun 2021. Kita punya waktu hari ini dan besok  untuk pembuatan Surat Undangan, Kuncinya Penetapan Calon Terpilih tanpa gugatan dilaksanakan 5 hari setelah Surat dari Mahkamah Konstitusi (MK),” Jelasnya.

Setelah adanya masukan dari Komisioner KPU Tabanan, Sekretaris maupun Kasubbag pada Sekretariat KPU Tabanan, Rapat Pleno Rutin menghasilkan bahwa Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Terpilih dalam Pemilihan Serentak Lanjutan tahun 2020 dilaksanakan pada Sabtu, 23 Januari 2021, bertempat di Ruang Rapat Kantor KPU Kabupaten Tabanan. Pertimbangannya dilaksanakan di Kantor KPU Tabanan karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Adapun Peserta yang diundang nantinya, antara lain Ketua KPU Provinsi Bali, Bupati Tabanan, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, Kapolres Tabanan, Dandim 1619 Tabanan, Kepala Kejaksaan Negeri Tabanan, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tabanan, Ketua Bawaslu Kabupaten Tabanan dengan mengajak 1 Orang Anggota Bawaslu Tabanan, Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Nomor Urut 1 (Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M. – I Made Edi Wirawan,S.E.), yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan).

Selain itu pada Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Terpilih dalam Pilkada Tabanan 2020 nanti akan diundang pula Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Nomor Urut 2 (Anak Agung Ngurah Panji Astika, S.T. - I Dewa Nyoman Budiasa) yang diusung Partai Golkar, NasDem dan Demokrat. Tidak ketinggalan pula Undangan ditujukan kepada Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Golkar, Nasdem serta Ketua Partai Demokrat Kabupaten Tabanan.

Terkait informasi publik, KPU Tabanan juga mengundang Ketua beserta Anggota Pewarta Tabanan. Dalam Rapat Pleno tersebut Pak Weda mengatakan pula, “Terkait PKPU Nomor 21 Tahun 2020, bagi Komisioner yang berminat kuliah silahkan asalkan dilakukan di luar Tahapan Pemilu dan Pemilihan. Diharapkan Kita bekerja penuh waktu.” Ditambahkannya, “Kita di Komisioner dan Kontrak, Saya harapkan berlanjut sampai tahun 2023 menjadi Anggota BPJS Ketenagakerjaan.”

Untuk diketahui, pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan tahun 2020 yang digelar pada hari Rabu tanggal 9 Desember 2020, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Nomor Urut 1 (Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M. – I Made Edi Wirawan,S.E.), memperoleh sebanyak 207.276 Suara sedangkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Nomor Urut 2 (Anak Agung Ngurah Panji Astika, S.T. - I Dewa Nyoman Budiasa) memperoleh sebanyak 77.141 Suara. Tingkat Partisipasi Pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan dalam Pemilihan Serentak Lanjutan tahun 2020 adalah 80,79%.

Oleh karena itu pada Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan dalam Pemilihan Serentak Lanjutan tahun 2020 mendatang yang akan diselenggarakan tanggal 23 Januari tahun 2021 mendatang, akan ditetapkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Nomor Urut 1 (Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M. – I Made Edi Wirawan,S.E.), dengan Perolehan Suara sebanyak 207. 276 (Dua ratus tujuh ribu dua ratus tujuh puluh enam) suara atau 72,88 % (Tujuh puluh dua koma delapan puluh delapan persen) dari total Suara Sah sebanyak 284.417 (Dua ratus delapan puluh empat ribu empat ratus tujuh belas) Suara.

Rapat Pleno yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19 atau Virus Corona, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan seperti physical distancing atau menjaga jarak fisik, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun, menggunakan hand zanitizer atau cairan pembersih tangan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

 

 

Komentar