KPU Tabanan Tetapkan “Paslon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Nomor Urut 1 (Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M. – I Made Edi Wirawan,S.E.) Sebagai Calon Terpilih”

  • 23 Januari 2021
  • 15:05 WITA
berita_212301030138_KPUTabananTetapkan“PaslonBupatidanWakilBupatiTabananNomorUrut1(DrIKomangGedeSanjaya,SE,MM–IMadeEdiWirawan,SE)SebagaiCalonTerpilih”.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Dengan diterbitkannya Surat Panitera Mahkamah Konstitusi (MK) RI, Nomor 165/PAN.MK/01/2021, tanggal 20 Januari 2021, Hal  Keterangan Perkara PHP-Gub/Kab/Kot Tahun 2021 Yang Diregistrasi di Mahkamah Konstitusi beserta lampirannya dan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan pada Rabu malam menerima Surat Plt. Ketua KPU RI, Nomor 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021, tanggal 20 Januari 2021, mengenai Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Serentak tahun 2020.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kamis, tanggal 21 Januari 2021, pada pukul 09.00 Wita, bertempat di Ruang Rapat Kantor KPU Tabanan, seluruh Komisioner KPU Tabanan bersama dengan Sekretaris KPU Tabanan dan Kasubbag pada Sekretariat KPU Tabanan melaksanakan Rapat Intern membahas Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan dalam Pemilihan Serentak Lanjutan tahun 2020.

Dari hasil Rapat internal diputuskan pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan dalam Pemilihan Serentak Lanjutan tahun 2020 digelar pada Sabtu, 23 Januari 2021.

Berkenaan dengan itu dan sesuai Surat Ketua KPU Tabanan, Nomor 080/PL.02.7-Und/5102/KPU-Kab/I/2021, tanggal 21 Januari 2021, pada Sabtu (23/01/2021), Pukul 10.00 Wita,   bertempat di Ruang Rapat Kantor KPU Tabanan, hadir Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa, Anggota KPU Tabanan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Luh Made Sunadi, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, I Wayan Sutama, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, I Ketut Sugina dan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Ni Putu Suaryani.

Selain itu hadir pula Anggota KPU Provinsi Bali Divisi Hukum dan Pengawasan yang juga merupakan Korwil Tabanan dalam Pemilihan Serentak Lanjutan tahun 2020 lalu, Anak Agung Gede Raka Nakula, Bupati Tabanan diwakili Plt. Asisten 1 Tabanan, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, Kapolres Tabanan, Dandim 1619 Tabanan, Kejaksaan Negeri Tabanan, Badan Kesbangpol Kabupaten Tabanan, Bawaslu Kabupaten Tabanan serta Calon Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M.

Pleno Terbuka dihadiri pula Pimpinan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Golkar, Nasdem serta Pengurus dari Partai Demokrat Kabupaten Tabanan, untuk melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan dalam Pemilihan Serentak Lanjutan tahun 2020.

Acara dibuka Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa. Selanjutnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Doa Bersama. Kemudian Sambutan dari Ketua KPU Tabanan sekaligus membuka acara. “Acara hari ini merupakan kegiatan terakhir dalam Pilkada Tabanan 2020 untuk selanjutnya menunggu pelantikan,” ucap Pak Weda. “Setelah Kami menerima Surat dari KPU RI tanggal 20 Januari 2021 dan Kami di KPU Kabupaten Tabanan tidak ada Gugatan makanya Kami dapat menetapkan Calon Terpilih yang diselenggarakan hari ini, oleh karena itu Rapat Pleno secara resmi Saya buka dan terbuka untuk umum,” ungkapnya.

Selanjutnya pembacaan Berita Acara (BA) Rapat Pleno oleh I Ketut Sugina dan pembacaan Surat Keputusan (SK) Penetapan Calon Terpilih oleh Ketua KPU Tabanan, kemudian penandatanganan BA dan SK oleh Ketua dan Anggota KPU Tabanan serta penyampaian Berita Acara dan Salinan Surat Keputusan kepada KPU RI melalui KPU Bali, kepada KPU Provinsi Bali, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, Bawaslu Tabanan, Paslon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Nomor Urut 1 (Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M. – I Made Edi Wirawan,S.E.).

BA dan Salinan SK juga disampaikan kepada Pimpinan PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem dan Partai Demokrat. Di akhir acara Rapat Pleno ditutup Ketua KPU Tabanan, “Kami Jajaran KPU Kabupaten Tabanan menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh Undangan serta kepada Calon Terpilih  Kami ucapkan selamat...semoga dapat mengemban tugas dengan baik,” pungkasnya.

Dalam Rapat Pleno Terbuka ini KPU Tabanan menetapkan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Terpilih dalam Pemilihan Serentak Lanjutan tahun 2020 yaitu Pasangan Calon Nomor Urut 1 atas nama Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M. dan I Made Edi Wirawan,S.E.  dengan Perolehan Suara sebanyak 207. 276 (Dua ratus tujuh ribu dua ratus tujuh puluh enam) suara atau 72,88 % (Tujuh puluh dua koma delapan puluh delapan persen) dari total Suara Sah sebanyak 284.417 (Dua ratus delapan puluh empat ribu empat ratus tujuh belas) Suara, sesuai dengan yang tercantum dalam Surat Keputusan KPU Kabupaten Tabanan, Nomor 089/PL.02.7-Kpt/5102/KPU-Kab/I/2021 tentang Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Terpilih dalam Pemilihan Serentak Lanjutan tahun 2020, tertanggal 23 Januari 2021.

Informasi tentang Penetapan Calon Terpilih di ditempel pula pada papan pengumuman Kantor KPU Tabanan, BA dan SK juga diunggah pula pada Website KPU Tabanan pada kolom Pengumuman. silahkan kunjungi Website KPU Tabanan, klik www.kpu-tabanankab.go.id silahkan dilihat dan didownload pada kolom Pengumuman.

Sebagai informasi, dalam keterangannya kepada Wartawan sehabis Pleno Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M., menyampaikan kemungkinan Pelantikan dirinya dan Wakilnya yakni I Made Edi Wirawan,S.E., kemungkinan akan dilaksanakan secara Daring mengingat pandemi Covid-19 saat ini.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19 atau Virus Corona, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan seperti physical distancing atau menjaga jarak fisik, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun, menggunakan hand zanitizer atau cairan pembersih tangan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Komentar