“Tingkatkan Eksistensi Bakohumas,” KPU Tabanan Hadiri Rakor

  • 06 Mei 2021
  • 13:35 WITA
berita_210605010557_“TingkatkanEksistensiBakohumas,”KPUTabananHadiriRakor.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Dalam rangka meningkatkan peranan dan fungsi koordinasi kehumasan antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota sesuai Surat Undangan Ketua KPU Bali Nomor 604/HM.02-UND/51/Prov/V/2021, tanggal 4 Mei 2021 yang ditujukan kepada Ketua KPU Kabupaten/Kota Se-Bali. Dalam Surat Undangannya, KPU Bali mengharapkan agar masing-masing Ketua KPU Kabupaten/Kota Se-Bali menugaskan Anggota KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Kepala Sub Bagian Teknis dan Hupmas serta Operator Siparmas hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dimaksud.

Maka pada Kamis (06/05/2021), Pukul 10.00 Wita, bertempat di Ruang Rapat Kantor KPU Tabanan, hadir Anggota KPU Tabanan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Ni Putu Suaryani, Kasubbag Teknis dan Hupmas, I Made Rika Hendrawan, Operator Sidalih serta Staf Sub Bagian Teknis & Hupmas untuk mengikuti Rakor Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) dalam rangka peningkatan peran eksistensi Bakohumas antara KPU Provinsi Bali dan KPU Kabupaten/Kota Se-Bali secara online menggunakan aplikasi zoom.

Dalam zoom Meeting terlihat hadir Anggota KPU Bali Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, I Gede John Darmawan dan Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Anak Agung Gede Raka Nakula serta Pejabat lainnya dan Sub Bagian Tekmas Sekretariat KPU Bali, terlihat pula perwakilan dari KPU Kabupaten/Kota Se-Bali.

Dalam arahannya Pak John mengatakan, “Terkait Bakohumas Kita diwajibkan koordinasi dengan pihak terkait dan utamakan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seperti Sekda dan Kesekretariatannya, Kesekretariatan DPRD, Kepolisian, Kodim, Pengadilan Negeri serta Kejaksaan Negeri. Bisa ditambahkan Instansi lainnya seperti Dinas Pendidikan dan Instansi lainnya.” Ditambahkannya, “Bila perlu libatkan Lembaga Non Pemerintah seperti LSM kepemiluan.” Selanjutnya Pak John mempersilahkan KPU Kabupaten/Kota menyampaikan laporan Bakohumas di Wilayahnya masing-masing.

Dalam kesempatan itu, KPU Tabanan yang diwakili Ibu Ani menyampaikan bahwa KPU Tabanan telah merepost atau memposting ulang kegiatan-kegiatan KPU RI yang ada pada media sosialnya. “KPU Tabanan telah membentuk Bakohumas sesuai Surat Keputusan Ketua KPU Kabupaten Tabanan Nomor 267/HM.02-Kpt/5102/KPU-Kab/III/2021 Tentang Badan Koordinasi Kehumasan KPU Kabupaten Tabanan, tertanggal  30 Maret 2021. KPU Tabanan juga telah mengirimkan Surat ke Instansi terkait agar mengirimkan  Nama, Instansi, Jabatan,Nomor HP/WhatsApp dan Email dalam rangka pembentukan Grup WhatsApp yang nantinya sebagai sarana memudahkan koordinasi, pertukaran informasi antar Satuan Kerja serta menyebarkan informasi ke publik,” pungkasnya.

Menjelang acara berakhir Pak John menambahkan, “Bakohumas bukan hanya milik KPU, namun setiap Lembaga diwajibkan memiliki Bakohumas walaupun berbeda namanya. Saya harapkan bulan Mei tahun 2021 Group WhatsApp Bakohumas di masing-masing KPU Kabupaten/Kota Se-Bali sudah terbentuk.”

Kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Virus Corona atau Covid-19, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak fisik atau physical distancing, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun, menggunakan cairan pembersih tangan atau hand zanitizer serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

 

 

Komentar