KPU Tabanan Sasar Desa Pujungan, Sosialisasikan Pendidikan Pemilih

  • 25 Mei 2021
  • 15:00 WITA
berita_212505030545_KPUTabananSasarDesaPujungan,SosialisasikanPendidikanPemilih.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Dalam rangka pelaksanaan program sosialisasi  pendidikan Pemilih di daerah dengan tingkat partisipasi Pemilih rendah sesuai Surat Ketua KPU Kabupaten Tabanan, Nomor 391/PP.06-SD/5102/KPU-Kab/V/2021, tertanggal 17 Mei 2021.

Berkaitan dengan itu,  Komisioner KPU Kabupaten Tabanan mendatangi Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, tepatnya di ruangan BUMDes Pujungan berdekatan dengan Kantor Perbekel Desa Pujungan. Rencananya acara akan dilangsungkan di Gedung Pasar Pujungan tetapi karena sedang ada perbaikan acara diadakan di ruangan BUMDes. Acara dimulai sekitar pukul 10.00 Wita, Selasa (25/05/2021).

Hadir pula Sekretaris KPU Tabanan, Kasubbag serta beberapa Staf Sekretariat KPU Tabanan. Dari pihak setempat hadir Perbekel Desa Pujungan, Sekretaris Desa dan Jajaran Aparatur Desa seperti Kasi, Kaur serta Kepala Lingkungan/Dusun/Kawil.

Selain itu acara dimaksud dihadiri pula Tokoh Masyarakat dalam hal ini Bendesa Adat Pujungan, dari Tokoh Pemuda dan Perempuan. Acara diawali oleh Anggota KPU Tabanan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Luh Made Sunadi, “Kepada Ibu-Ibu PKK dan Adik –Adik Karang Karang Taruna, apa yang didapat dalam acara ini mohon disampaikan juga kepada Saudara-Saudara dan teman lainnya, agar diketahui,” ucapnya.

Selanjutnya pemaparan materi disampaikan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Ni Putu Suaryani. Di sela-sela penjelasannya Ibu Ani membagi Peserta menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok mendapatkan materi yang berbeda, kemudian ke depan untuk menyampaikan presentasinya masing-masing sesuai bahan yang diterima.

Adapun 5 jenis materi yang dibagikan kepada Peserta sosialisasi untuk dipresentasikan adalah Demokrasi, Pemilu dan Partisipasi, Sistem Tahapan Pemilu dan Pemilihan, Pendidikan Pemilih dalam pencegahan Politik Uang, Teknik dan Metode Identifikasi Berita Hoaks serta Modus Operandi dan Solusi Kampanye SARA.

“Cara menangkal hoax adalah dengan bersikap kritis dan setiap berita harus disaring terlebih dahulu. Dalam Pemilu dan Pemilihan tahun 2024 nanti dibutuhkan kecerdasan anda dalam memilih. Setelah keluar dari acara ini, Saya harapkan Jiwa nasionalisme anda meningkat dan semoga Pemilu dan Pemilihan 2024 nanti Sukses,” Jelas Ni Putu Suaryani. Sebagai informasi, pada tanggal 27 Mei 2021 mendatang, KPU Kabupaten Tabanan juga akan melaksanakan Sosialisasi terkait hal yang sama di Desa Angseri, Kecamatan Baturiti.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Virus Corona atau Covid-19, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak fisik atau physical distancing, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun, menggunakan cairan pembersih tangan atau hand zanitizer serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Komentar