Rakor DPB Triwulan II Tahun 2021 di KPU Tabanan

  • 29 Juni 2021
  • 15:20 WITA
berita_212906030602_RakorDPBTriwulanIITahun2021diKPUTabanan.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Sesuai Surat Undangan Ketua KPU Kabupaten Tabanan, Nomor 477/PL.02.1-Und/5102/KPU-Kab/VI/2021, tertanggal 24 Juni 2021. Sehubungan dengan itu hadir Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa serta Anggota KPU Tabanan.

Sedangkan Peserta Rapat yang hadir yakni dari Polres Tabanan, Kodim 1619 Tabanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabanan, Ketua Bawaslu Kabupaten Tabanan serta Pengurus Parpol Peserta Pemilu tahun 2019 yang ada di Kabupaten Tabanan antara lain  GERINDRA, PDI Perjuangan, Golkar, NasDem,  PKS, PERINDO,  PSI,  dan Demokrat, untuk melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triwulan II tahun 2021, bertempat di Ruang Rapat Kantor KPU Tabanan, Pukul 09.00 Wita, Selasa (29/06/2021).

Acara dibuka Pak Weda, “Rapat ini bertujuan untuk update atau memperbaharui data Pemilih serta menyamakan persepsi. Kami juga bekerjasama dengan Kodim dan Polres terkait data yang pensiun karena semasih aktif tidak bisa dimasukan ke data Pemilih,” ungkapnya.

Selanjutnya I Ketut Sugina yang merupakan Anggota KPU Tabanan Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi mengatakan, “Saya akan sampaikan proses Pemutakhiran Data Pemilih di KPU Tabanan sehingga Bapak dan Ibu dapat memberikan masukan. Dasarnya adalah DPT kemarin sedangkan tujuannya adalah agar data Kita berkualitas.”

“Dalam Pemutakhiran Data Pemilih ini Kami selalu terbuka dan setiap 3 bulan sekali Kami wajib melaksanakan Rakor dengan Pemangku Kepentingan (Stakeholder). Yang dimaksud DPTb adalah dimana pada saat Pilkada Serentak 2020 lalu Pemilih menggunakan KTP elektronik yang tersebar pada 10 Kecamatan di Kabupaten Tabanan. Untuk posisi data Kita per bulan Juni 2021 ini adalah 365.197 Pemilih,” terang Sugina.

Selanjutnya dalam sesi tanya jawab, Peserta Rapat dari Pengurus Parpol PDI Perjuangan, I Gusti Nyoman Omar Dani, menyampaikan saran kepada KPU Tabanan. “Kedepannya coba dibuat suatu sistem kerjasama antara Desa dengan KPU Tabanan, sehingga kalau ada perubahan otomatis terupdate,” ucapnya.

Selain itu, Ketua Bawaslu Tabanan, I Made Rumada, mengatakan “data ini bukan sekedar pencatatan biasa, Kita sesungguhnya melaksanakan Factual. Jadi data Pemilih tersebut betul-betul akurat dan kesalahan dapat Kita tekan seminimal mungkin.”

Dari perwakilan Kantor Disdukcapil Kabupaten Tabanan, I Wayan Januada,  menyampaikan bahwa terkait perekaman KTP pihaknya telah mendatangi sekolah-sekolah untuk melaksanakan perekaman. “Karena situasi Covid-19 serta terbentur biaya Kami tidak bisa ke lapangan lagi. Untuk Bapak dan Ibu yang mempunyai Anak berusia 17 tahun silahkan datang ke Kantor Disdukcapil Kabupaten Tabanan untuk dibikinkan KTP. Dengan sistem Kita sekarang, 15 menit Kita sudah bisa cetak KTP dan terkait Pemutakhiran Data Pemilih yang merupakan program KPU Tabanan, tetap Kami dukung.

Kemudian Berita Acara (BA) Rapat Koordinasi Nomor 485/PL.02.1-BA/5102/KPU-Kab/VI/2021 tentang  Daftar Pemilih Berkelanjutan bulan Juni tahun 2021 dibacakan oleh Anggota KPU Tabanan, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, I Wayan Sutama. BA beserta lampirannya selanjutnya diberikan kepada para Peserta Rapat dan ditempal juga pada papan pengumuman Kantor KPU Tabanan. Selain itu BA dimaksud diunggah pada Website KPU Tabanan pada kolom Pengumuman. Untuk lebih jelasnya  mengenai isi BA Rakor DPB bulan Juni 2021 silahkan datang ke Kantor KPU Tabanan atau klik link berikut  www.kpu-tabanankab.go.id lihat dan download pada kolom Pengumuman.

Berikut Kami sampaikan juga kutipan Siaran Pers yang diterbitkan KPU Kabupaten Tabanan, tanggal 29 Juni 2021 sebagai berikut  Jumlah Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan bulan Mei Tahun 2021 sebanyak 365.279 Pemilih, Jumlah Pemilih Baru sebanyak 16 Pemilih, Jumlah Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 98 Pemilih dan Jumlah Pemilih Berkelanjutan bulan Juni tahun 2021 menjadi sebanyak 365.197 Pemilih .

Kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Virus Corona atau Covid-19, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak fisik atau physical distancing, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun, menggunakan cairan pembersih tangan atau hand zanitizer serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

 

Komentar