KPU Tabanan Hadiri Sosialisasi Penataan Website & Email KPU

  • 20 Agustus 2021
  • 14:00 WITA
berita_212008020858_KPUTabananHadiriSosialisasiPenataanWebsiteEmailKPU.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Sesuai Surat Undangan Ketua KPU RI, Nomor 420/TIK.03-Und/01/KPU/VIII/2021, tertanggal 19 Agustus 2021. Sehubungan dengan itu hadir Komisioner KPU Kabupaten Tabanan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Ni Putu Suaryani, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, I Ketut Sugina, Kasubbag Teknis dan Hupmas Sekretariat KPU Tabanan, I Made Rika Hendrawan beserta Staf Sub Bagian Teknis dan Hupmas untuk melaksanakan Zoom Meeting sosialisasi lanjutan penataan website KPU/KIP Provinsi dan KPU/KIP Kabupaten/Kota yang diselenggarakan KPU RI  bertempat di Ruang Rapat Kantor KPU Tabanan, Jumat (20/08/2021).

Acara yang berlangsung pada Pukul 09.30.Wita tersebut dihadiri Ketua KPU RI, Ilham Saputra. “Website di maintaince. pastikan Masyarakat mendapatkan layanan data dan informasi serta mengetahui kegiatan Satker masing-masing, pengamanan email dan website dibahas pada rakor kali ini, website dan  medsos sebagai tool untuk memberikan informasi serta mencegah disinformasi, KPU Provinsi dan Kabkota menggunakan email resmi kpu @KPU.GO.ID,” ucapnya.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Parmas, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan “Website penting bagi KPU, apalagi dengan pandemi sekarang, security website dijaga, akun pribadi termasuk medsos juga dijaga konten diupdate informasinya, berita pada konten, bisa diperdalam maksud dan tujuan, isu diundurkannya Pemilu dan Pilkada, di informasikan dengan benar melalui website dan akun medsos dan dipastikan semangat dan kreatitas dalam menajalankan tugas pada kondisi pandemi dan keuangan yang menurun.

Sedangkan  Ketua Divisi Data dan Informasi sekaligus sebagai Wakil Ketua Divisi SDM, Organisasi, Diklat dan Litbang, Viryan, menyampaikan bagaimana cara atau proses untuk melakukan migrasi website. Zoom Meeting dihadiri pula perwakilan KPU/KIP Provinsi dan KPU/KIP Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Dalam sesi tanya jawab, salah satu Peserta dari KPUKabupaten/Kota mengusulkan agar Dilaksanakan Bimtek. “Saya salut atas partisipasi Bapak dan Ibu sekalian dan Saya berencana nantinya akan memberikan pelatihan secara Daring,” ujarnya. Beliau juga mengucapkan rasa terima kasihnya.

Sebelum menutup acara Viryan Aziz menyampaikan beberapa hal diantaranya  Kegiatan penting dan iktiar dalam peningkatan kualitas agar dalam Pemilu nanti Kita sudah siap, website adalah Kantor Kita secara digital, digital menjadi keniscayaan,  Kita memberikan layanan juga melalui digital, berdasarkan data digital, 2020 KPU RI memutuskan menggunakan Sirekap, 2014 Kita pakai Situng via scanner di tahun 2020 Sirekap dengan smartphone dan 2024 smart election, Kantor digital Kita harus memiliki standar, disamping untuk memberikan layanan pada masa digital juga untuk menjamin keamanan Kantor digital Kita dan terkoneksi dengan rumah besar KPU RI.

Disampaikannya pula alasan standarisasi rumah digital : a. Satker punya website yang beragam, domain diandaikan tanah dan template diandaikan fisik bangunan, b. lebih mudah melakukan mitigasi jika ada serangan, c. isi template lebih menarik dan informatif. Ditambahkannya pula  migrasi dilakukan paling lambat 3 bulan kedepan, laporan berkala oleh KPU Provinsi  mengenai kondisi website Se-Provinsi dan migrasi mengajukan surat permohonan, dikoordinir KPU Provinsi.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Virus Corona atau Covid-19, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak fisik atau physical distancing, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun, menggunakan cairan pembersih tangan atau hand zanitizer serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

 

 

Komentar