DPB Tabanan Berkurang 30 Pemilih di Bulan Agustus

  • 30 Agustus 2021
  • 14:50 WITA
berita_213008030840_DPBTabananBerkurang30PemilihdiBulanAgustus.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Jumlah Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) di Kabupaten Tabanan pada bulan Agustus tahun 2021 berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Kabupaten Tabanan sejumlah 365.167 (Tiga ratus enam puluh lima ribu seratus enam puluh tujuh) Pemilih. Jika dibandingkan dengan DPB bulan sebelumnya yakni DPB bulan Juli 2021 yang berjumlah 365.197 (Tiga ratus enam puluh lima ribu seratus sembilan puluh tujuh) Pemilih, maka jumlah Pemilih pada bulan ini berkurang sebanyak 30 Pemilih. Hal itu berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU Tabanan, Senin, (30/08/2021).

Berkurangnya jumlah Pemilih tersebut terungkap saat KPU Tabanan menempelkan DPB bulan Agustus 2021 di papan Pengumuman Kantor KPU Tabanan yang disaksikan perwakilan Bawaslu Kabupaten Tabanan pada Senin tanggal 30 Agustus siang ini. Anggota KPU Tabanan sekaligus Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Tabanan, I Ketut Sugina, didampingi Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa, disela-sela penempelan dan pengumuman DPB bulan Agustus  menyampaikan bahwa berkurangnya jumlah Pemilih tersebut karena hasil rekapitulasi yang dilakukan pada bulan ini dan data yang diperoleh Jajarannya lebih banyak Pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dibandingkan dengan Pemilih baru.

“Dari data Kita bulan ini, jumlah Pemilih baru yang Kita dapatkan dari Desa-Desa dan masukan Masyarakat hanya 43 Pemilih sedangkan Pemilih yang mengalami TMS karena meninggal dan pindah domisili sebanyak 73 Pemilih, sehingga jika dibandingkan dengan DPB bulan sebelumnya memang faktanya Pemilih Kita berkurang sebanyak 30 Pemilih,” ucapnya. Dari jumlah Pemilih yang TMS sebanyak 73 Pemilih itu kata dia rinciannya adalah TMS karena pindah domilisi sebanyak 33 Pemilih sedangkan meninggal dunia sebanyak 40 Pemilih.

Dalam kesempatan itu, Sugina juga mengungkapkan data saat ini masih terus berjalan dan pihaknya setiap bulan melakukan rekapitulasi untuk kemudian disampaikan kepada para Stakeholder atau Pemangku Kepentingan dan diumumkan di papan pengumuman serta laman resmi milik KPU Tabanan yakni Website. Selain itu disebarkan juga melalui media sosial KPU Tabanan seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Tujuannya agar Masyarakat umum bisa mengetahui secara transfaran perkembangan data Pemilih di Kabupaten Tabanan.

“Kami berharap para Stakeholder dan Masyarakat umum mengetahui perkembangan Pemilih Kita, sekaligus Kami berharap adanya masukan dari Masyarakat jika ada Warga yang TMS atau menjadi Pemilih baru yang belum Kami rekap, dengan demikian kedepannya data Pemilih Kita semakin berkualitas,” ucapnya.  Pihaknya juga mengungkapkan proses pengolahan data di KPU Tabanan dilakukan secara transfaran yakni mulai data yang masuk dari Desa-Desa, para Stakeholder dan masukan Masyarakat terkait data Pemilih baru dan TMS, yang kemudian disandingkan dengan DPT tahun 2020 serta disandingkan dengan DPB bulan sebelumnya. Setelah itu data tersebut dikoordinasikan dengan Disdukcapil Kabupaten Tabanan untuk dilakukan singkronisasi dan rekapitulasi. “Proses data Pemilih Kita lakukan secara transfaran guna menghasilkan data Pemilih yang berkualitas dan memenuhi unsur akurat, mutakhir dan komrehensif, dengan demikian Kita tahu pergerakan data Pemilih setiap bulannya,”beber Sugina yang juga mantan Wartawan itu.

Untuk mengetahui secara rinci hasil rekapitulasi daftar Pemilih Berkelanjutan dan By name daftar Pemilih Berkelanjutan yang mengalami perubahan di bulan Agustus 2021, silahkan klik www.kpu-tabanankab.go.id selanjutnya download pada kolom pengumuman. Selain itu bisa dilihat pada akun media sosial KPU Tabanan atau datang secara langsung ke Kantor KPU Tabanan yang beralamat di Jalan PB. Sudirman, Nomor 1, Dangin Carik, Tabanan.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19 atau Virus Corona, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti physical distancing atau menjaga jarak fisik, menggunakan masker, menggunakan hand zanitizer atau cairan pembersih tangan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Komentar