Tingkatkan Etika, Integritas dan Patuhi Aturan

  • 28 September 2021
  • 13:00 WITA
berita_212809010952_TingkatkanEtika,IntegritasdanPatuhiAturan.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Sesuai Surat Ketua KPU Kabupaten Tabanan Nomor 670/PP.06/5102/2021 tertanggal 23 September 2021, maka Jajaran KPU Tabanan diantaranya Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa beserta seluruh Anggota KPU Tabanan, Sekretaris, Kasubbag dan Staf Sekretariat KPU Tabanan mengikuti sosialisasi pedoman penanganan benturan kepentingan di lingkungan KPU Tabanan, bertempat di Ruang Rapat KPU Tabanan, pukul 10.00 Wita, Selasa (28/09/2021).

Dibuka oleh Pak Weda, dilanjutkan pemaparan materi dari Komisioner KPU Tabanan Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, I Wayan Sutama. “Kita harus menghindari korupsi dan menyalahgunakan suatu kepercayaan. Selain itu yang perlu dihindari adalah proses pembuatan keputusan akibat hubungan dekat dan proses pelayanan publik yang mengarah pada proses komersialisasi pelayanan,” ucap Sutama. Ditambahkannya pula bahwa prinsip dasar pegangan benturan kepentingan Penyelenggara adalah  mematuhi Peraturan Perundang-undangan yang ada.

“Jadi kesimpulannya ialah bekerjalah secara berintegritas, menjalani tupoksi dengan penuh tanggungjawab, lakukan semua proses sesuai mekanisme, jangan memanfaatkan jabatan untuk kepentingan golongan maupun pribadi serta mengutamakan kepentingan umum,” ungkap Sutama.

Pak Weda juga mengatakan,”Kita harus memiliki rasa memiliki terhadap Kantor atau Instansi tempat Kita bekerja. Etika agar lebih ditingkatkan lagi dan berikan pelayanan yang sama. Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Sutama yang sudah menjelaskan materi, jadinya minimal Kami tahu sedikit regulasi.” Acara juga diisi dengan sesi tanya jawab. Menjelang berakhirnya acara Sekretaris KPU Tabanan, I Nyoman Swandika mengungkapkan. “Bekerjalah sesuai aturan yang berlaku dan Kita merupakan bagian dari Lembaga ini.”

Kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Virus Corona atau Covid-19, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak fisik atau physical distancing, menggunakan masker, pengecekan suhu/temperatur tubuh dengan thermogun, menggunakan cairan pembersih tangan atau hand zanitizer serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Komentar