KPU Serahkan “Perolehan Suara Pemilu 2019”

  • 29 September 2021
  • 20:05 WITA
berita_212909080940_KPUSerahkan“PerolehanSuaraPemilu2019”.jpeg

KPU Tabanan, Dangin Carik – Sore tadi  perwakilan KPU Kabupaten Tabanan melalui kanal You Tube KPU RI menyaksikan penyerahan data hasil perolehan suara dan data Pemilih terakhir Pemilu tahun 2019 kepada Stakeholder terkait pada Pukul 15.00 Wita, Rabu (29/09/2021.

Kegiatan tersebut diselenggarakan KPU RI secara live streaming, selain bisa diikuti melalui kanal You Tube KPU RI, dapat juga disaksikan melalui akun Facebook KPU RI. Didahului pembacaan Doa dan memperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan sambutan dari Kementerian Dalam Negeri. Tampak hadir pula Bawaslu, DKPP, perwakilan Parpol dan Komisi II DPR RI serta Pers.

“Kementerian Dalam Negeri menyambut baik acara hari ini yaitu penyerahan data hasil perolehan suara dan data Pemilih terakhir Pemilu tahun 2019. Kalau Kita lihat capaian Pemilu tahun 2019 dan Pemilihan Serentak 2020, capaiannya sangat baik, itu luar biasa,” ucap perwakilan Kementerian Dalam Negeri.

“Karena kawan-kawan telah membuktikannya maka Kami optimis dapat mengawal tahapan-tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 mendatang. Kami selalu berkomitmen bahwa KPU tidak sendiri, Kementerian Dalam Negeri pasti mendukung apapun kebutuhan Penyelenggara karena Undang-Undang telah memerintahkan bahwa Pemerintah pusat dan daerah wajib mendukung Penyelenggara Pemilu,” jelasnya.

Ditambahkannya, “Saya harapkan hal baik yang telah Kita capai mari ditingkatkan dan bekerja sesuai konstitusi dan perkuat kebersamaan dalam rangka menyongsong Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.”

Dilanjutkan sambutan Ketua KPU RI, Ilham Saputra, “Sesuai Peraturan Perundang-undangan, KPU berkewajiban menyerahkan data hasil perolehan suara dan data Pemilih terakhir Pemilu tahun 2019 kepada Pemerintah dan Partai Politik dan juga transparansi Kami kepada publik,”ucapnya.

Dalam Statementnya Ilham juga mengungkapkan “Kami sampaikan bahwa  pada prinsipnya Kami nantinya akan membuka open data ini, sehingga publik dapat mengakses data sesuai amanah Peraturan Perundang-undangan,”

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Berita Acara dan Data secara simbolis dari Ketua KPU RI kepada Kementerian Dalam Negeri, Bawaslu, DKPP dan kepada Kepala Arsip Nasional, Kemudian kepada Parpol seperti PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, NasDem, Garuda, Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Demokrat, PBB, PKPI disusul Partai lokal Aceh, Partai SIRA dan Partai Nangroe Aceh.

 

Komentar